MENEMBUSI KEJADIAN HIDUP

Dulu, sebelum mengenal Dia, kita memaknai hubungan dengan Allah itu seperti transaksi jual-beli. Kita memberi sesuatu, Allah memberi sesuatu sebagai timbal balik.

Kadang-kadang, kita memaknai Tuhan sebagai algojo, penyiksa orang-orang yang tidak taat. Tidak sembahyang, disetrika dengan besi panas.

Sekarang kita baru tahu. Bahwa segala ini bukan perkara Allah hendak menyiksa kita. Bukan juga perkara Allah itu mendapatkan sebuah kebahagiaan atau sebuah penghormatan kalau kita sembah. Allah tak butuh itu semua.

Melainkan kehidupan ini sebagai pagelaran cerita saja, Allah menceritakan diriNya. Lewat segala kejadian hidup. Agar kita mengenal Dia sang pemilik kejadian hidup, bukan untuk membuat kita melihat kejadian hidup dan tertambat pada kejadian hidup.

Cobalah  duduk santai, cari tempat yang nyaman. Rileks-kan badan. “Tinggalkan” perhatian kita pada badan raga kasar ini. Rasakan bahwa ada hati di dalam jiwa kita. Sebuah bashiroh, sang pengamat yang mengetahui segala gerak-gerik fikiran dan perasaan.

Setelah  betul-betul merasakan bahwa  jiwa itu terpisah dengan badan wadag yang kasar ini, kita abaikan segala duka-lara. Kita abaikan segala senang-gembira. Berzikirlah dengan pelan dan tadarru.

Menghadaplah kepada Allah. Ingat Allah. Sang Empunya benda-benda, empunya kejadian hidup, empunya sifat dan asma’.

Sang pemilik, tak serupa dengan segala yang Dia miliki. Tak serupa dengan yang Dia cipta.

Dia-lah tujuan peribadatan. Dialah yang kita “saksikan”. Kita bersaksi bahwa Dia-lah pemilik semua ini.

Semua yang terjadi hanyalah cara DIA menceritakan dirinya.

Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (Ali Imran: 53)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s