ILMU LAKU

Ada satu falsafah sederhana yang belakangan kembali terngiang di benak saya, yaitu “think globally act locally.”

Maksud dari falsafah sederhana ini adalah kita harus mengerti porsi kita. Boleh saja kita berfikir mengenai hal-hal besar, global, semisal politik dunia, imperium besar islam, dan hal-hal global dan besar lain-lain, tetapi cukuplah itu menjadi hal di ruang belantara ilmiah kita, tetapi hidup kita mesti melakukan hal-hal kecil yang terjangkau. Karena setiap orang ada porsinya masing-masing.

Belakangan, saya menyadari kembali point ini saat mengkaji bahasan para arifin. Bolehlah kita mengikuti kajian mendalam para arifin bahwa Allah SWT tidak hanya transenden, tetapi juga begitu dekat dengan kita, dan bahkan kita berada di dalam keMaha-Besarannya. Atau satu hal lagi semisal bahwa diri-Nya adalah berbeda dengan sifatNya. Kajian tentang takdir dan kaitannya dengan diri-Nya memandang diri-Nya sendiri lewat makhluqNya.

Semuanya adalah bahasan yang tinggi. Tetapi, dalam kaitannya dengan gerak dalam kehidupan, maka kajian tinggi haruslah mengejawantah dalam gerak sederhana yang sesuai dengan porsi kita. Ya Sholat, puasa, sedekah, bantu orang-orang. Hal-hal yang sederhana.

Dengan kesimpelan seperti itu, akan menjauhkan kita dari sikap thulul amal. Sedikit kerja, panjang angan-angan.

Panjang angan-angan inilah yang ternyata berbahaya. Saat kita hidup dalam wacana yang terlampau tinggi, tetapi tidak mengejawantah menjadi gerak yang sederhana.

Wacana mesti mengiringi gerak. Ilmu harus menjelma amal.

Dan yang menarik ternyata dengan kesederhanaan gerak, maka ilmu mendatang dengan sendirinya. Memberi makna yang lebih dalam pada gerak yang sederhana itu. Dan barangkali, ilmu yang mendatang, yang turun mengiringi gerak yang sederhana itulah yang disebut ilmu “laku”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s