MENGGAMIT KETENANGAN

Saya teringat pesan sang Arif, bahwa ketenangan sejati baru akan ada jika mengenali af’al Allah.

Selama ini orang-orang (utamanya saya sendiri) baru mengenali sifat-sifatNya. Belum sampai pada pengenalan bagaimana af’alNya berlaku.

Akan tetapi sebatas itu juga sudah bagus, karena Dibawah pengenalan terhadap sifat, adalah golongan yang sama sekali buta.

Umpamanya melihat tsunami. Orang awam akan melihat tsunami sebagai semata-mata tsunami. Para cerdik cendikia melihat tsunami sebagai peristiwa alam dan mempelajarinya. Yang mengenali sifat-sifat Tuhan memaknai tsunami sebagai pagelaran keagunganNya sehingga dari sana timbul rasa gentar dan takut karena meresapi keagungan Tuhan. yang mengenali af’al-Nya tahu bahwa DIA bersenda gurau dengan diriNya sendiri.

Semata mengenali sifat-sifat sahaja, belum cukup. Manusia masih akan terombang ambing dalam lautan sifat-sifat. Sebentar merasa gentar dan cemas karena melihat gelaran keagungan Tuhan, sebentar kemudian merasa bungah dan gembira karena melihat keindahan yang DIA gelar.

Kita baru terlepas dari dualitas itu saat memahami bahwa perbuatanNya (af’al) tempat DIA menulis sifat-sifat itu adalah pada diriNya sendiri. Bahwa seisi dunia dibandingkan dengan kebesaranNya adalah seumpama setetes air asin pada samudera tiada tepian. Dan yang selama ini kita kenal sebagai “kita” atau “aku” itu tidak pernah ada.

Pengenalan akan bagaimana af’alNya berlaku itulah, yang menurut sang Guru ialah kuncinya ketentraman dan keridhoan. Karena menyadari milikNya semuaNya, dan kita sebenarnya tidak pernah ada. Ketentraman yang dibangun diatas dualitas sifat-sifat, ternyata akan datang dan pergi. Tidak sejati.

Melihat peta perjalanan itu, sadarlah saya betapa masih panjang perjalanan, dan dimana posisi sekarang berada. Tidak akan sampai tanpa ridhoNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s